Berita

Pertemuan Konsorsium Pengamatan Hilal 2013/1434H di Bandung

diposting oleh Administrator | Selasa, 18 Juni 2013 | 12:39:25 | dibaca 6654

 

Pertemuan konsorsium pengamatan hilal bertajuk Focus Group Discussion berlangsung pada hari Jumat (7/6) di Hotel Aston Primera Bandung. Pertemuan dihadiri oleh pejabat-pejabat dan kepala institusi yang terlibat, diantaranya Kepala Pusat Data dan Sarana Informatika Kemkominfo Dr. Yan Rianto, M.Eng, Kepala Observatorium Bosscha Dr. Mahasena Putra, Kasubdit Pembinaan Syariah dan Hisab Rukhyat Kemenag Dr. Izzuddin. Selain itu juga dihadiri oleh perwakilan dari BMKG, LAPAN dan UPI.

Pertemuan ini membahas lokasi-lokasi yang akan digunakan untuk melakukan pengamatan hilal 1 Ramadhan 1434H/2013. Masing-masing institusi mengajukan lokasi yang akan mereka gunakan untuk mengamati hilal. Seperti Obs. Bosscha ITB mengajukan lokasi: Kupang, Makassar, Mataram, Bangkalan, Bandung(Bosscha) dan Lampung. BMKG mengajukan lokasi: Medan, Pelabuhan Ratu, Denpasar, Manado dan Anyer. LAPAN mengajukan lokasi : Pameungpeuk Garut, Pontianak dan Subang/Cakung. Upi mengajukan lokasi : Pantai Pangandaran.

Selain lokasi-lokasi diatas, ada beberapa lokasi yang diajukan oleh BHR daerah dan komunitas-komintas, diantaranya Lhoknga (BHR Aceh), Yogya (RHI), Rembang (BHR Rembang), Kudus (KAC), Surakarta (CASA Assalaam).

Kementerian Kominfo akan memfasilitasi kegiatan ini dengan melakukan streaming pengamatan hilal secara langsung (live) pada website hilal.kominfo.go.id. Masyarakat dapat ikut menyaksikan pengamatan hilal lewat web.

Kementerian Agama, yang diwakili oleh Dr. Ahmad Izzuddin menyarankan agar setiap pengamat dan lokasi hilal untuk disertifikasi dan diverifikasi oleh Kementerian Agama. Sehingga dapat berkerja secara bersama-sama dengan anggota BHR (Badan Hilal Rukhyat) di daerah pengamatan. Hal ini untuk menghindari salah paham dan miskomunikasi beberapa pihak yang terlibat. Misalnya dengan tidak dianggapnya hasil pengamatan yang dilakukan oleh Tim dari konsorsium pengamatan hilal.

Sementara dari pihak UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung yang pada tahun lalu melakukan pengamatan di Menara JICA UPI, Bandung, pada tahun ini akan memindahkan lokasi pengamatan mereka di Pantai Barat Pangandaran. Dengan harapan jangkauan pandang dalam mengamati hilal lebih luar.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh konsorsium pengamatan hilal. Petama kali kegiatan ini dilaksanankan pada tahun 2007. Lokasi-lokasi pengamatan juga bertambah dari tahun ke tahun. Tahun 2012, lokasi titik pengamatan berjumlah 22 titik. Tahun ini (2013), merencanakan 24 titik pengamatan. (BRS)